Kasad Berikan Penghargaan Kepada Sertu Waki dan Pelda Dontinus Yakobi

Jakarta - Kasad Berikan Penghargaan Kepada Sertu Waki dan Pelda Dontinus Yakobi. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memberikan apresiasi yang tinggi kepada Sertu Waki dan Pelda Dontinus Yakobi atas aksi heroik kedua prajurit TNI AD tersebut. Penghargaan tersebut langsung diberikan Kasad di Mabesad, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Penghargaan kepada kedua prajurit TNI Angkatan Darat tersebut diberikan atas dedikasi tugas yang ditunjukan tanpa mempedulikan keselamatan jiwanya untuk membantu masyarakat yang mengalami musibah maupun meredakan perseteruan bentrok antar suku di Kwamki, Mimika, Papua. 



Kasad Jenderal TNI Mulyono mengungkapkan, keberanian, ketulusan serta keiklasan dalam mengabdikan diri pada tugas untuk membantu masyarakat merupakan kunci keberhasilan Babinsa dalam mendukung tugas pokok TNI AD. 

Dikatakan Kasad, Komando Kewilayahan dengan Babinsa-nya yang tersebar di seluruh tanah air termasuk di wilayah perbatasan, sangatlah vital sebagai mata telinga segala permasalahan yang terjadi di masyarakat. “Tugas Babinsa harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan menjadi motivator serta inspirator bersama-sama komponen bangsa yang lainnya mengatasi berbagai kesulitan  masyarakat di daerahnya,”ujarnya.

“Ketulusan pengabdian yang ditunjukkan oleh Sertu Waki dan Pelda Dontinus semoga dapat menjadi pemacu semangat prajurit-prajurit TNI lainnya dalam menjalankan tugasnya. Dengan ketulusan dan Kikhlasan dan rela berkorban dalam melaksanakan tugas, apapun permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik,”tegas Kasad.

Sertu Mohammad Waki adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0819/25 Gading Rejo, Kodim 0819/Pasuruan, Jawa Timur dan Pembantu Letnan Dua (Pelda) Dontinus Yakobi merupakan Babinsa Kodim 1710/Mimika, Papua. 

Sosok Babinsa bernama Mohammad Waki dianggap berprestasi atas aksi heroiknya menyelamatkan nyawa Sugeng, warga desa yang terseret arus banjir pada Jumat pekan lalu. Aksi beraninya ini viral usai foto-foto proses evakuasi korban diunggah oleh masyarakat sekitar yang menyaksikan aksi heroiknya. 

Awal kejadian, kala itu sungai yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur meluap sehingga menyebabkan Desa Tambakrejo diterjang banjir. Bencana yang datang tiba-tiba itu nyaris memakan korban, ketika diketahui ada seorang warga desa yang hanyut terseret arus banjir nyaris sejauh 500 meter ke arah sungai Welang.

Setelah menerima informasi dari rekannya bahwa ada warga yang terseret banjir, Sertu Waki dengan sigap langsung menuju lokasi kejadian. Sesampainya disana, tanpa mempedulikan nyawanya sendiri, Sertu Waki dengan berani menceburkan diri ke air berarus deras itu demi menyelamatkan korban.

"Saya tidak memikirkan keselamatan saya pada waktu itu, yang penting warga selamat," cetus Sertu Waki saat diwawancara khusus di Mabes TNI AD usai menerima penghargaan.

Situasi genting yang berbeda dialami oleh Pelda Yakobi. Babinsa ini dianggap berprestasi usai aksi beraninya sukses meredam perang suku di Kwamki Narama Kabupaten Mimika Papua. Uniknya, ia menempuh pendekatan budaya dalam menyelesaikan konflik yang memakan enam orang korban tersebut.

"Saya tidak mau ada warga yang jadi korban, maka saya ajukan proposal kepada Pemda setempat untuk menyediakan 20 ekor babi agar kedua belah pihak bisa damai. 10 ekor untuk pihak sebelah, 10 ekor lagi untuk pihak satunya lagi," jelasnya polos kepada wartawan.

Tindakan yang ditunjukkan Sertu Waki serta Pelda Yakobi yang rela mempertaruhkan nyawanya sendiri demi menyelamatkan nyawa orang lain, sungguh merupakan suatu sikap terpuji yang patut dijadikan teladan. Disamping memperlihatkan kesigapan keduanya sebagai prajurit TNI AD yang profesional, berani, tulus dan ikhlas, aksi mereka juga seakan menjadi angin segar bagi tetap terpeliharanya rasa kemanusiaan di tengah zaman yang serba individualistis ini.

Meskipun keduanya bertindak menolong sesama tanpa pamrih, namun ternyata tindakannya mendapat apresiasi dari pimpinan Angkatan Darat. Sebagai bentuk apresiasi pribadi dan mewakili TNI AD, Kasad mengundang kedua prajurit pemberani ini untuk datang dan menerima penghargaan yang langsung diserahkan oleh Jenderal bintang empat ini. 

Related

TNI 7252164522672950875

Posting Komentar Default Comments

item