Unhan Luluskan 296 Kader Intelektual Bela Negara

Jakarta - Unhan Luluskan 296 Kader Intelektual Bela Negara. Bogor,  Universitas Pertahanan (Unhan) mewisuda 296 orang Iuiusan Pascasarjana Periode 1 TA. 2018. Dengan lulusnya 296 orang ini, maka kini sudah 1637 orang intelektual bangsa lahir di Universitas Pertahanan.  

Dari 296 mahasiswa yang dinyatakan lulus, 43 orang berhasil meraih predikat Pujian, terdiri dari 5 orang program studi (Prodi) Peperangan Asimetris, 5 orang Prodi Diplomasi Pertahanan, 1 orang Prodi Strategi Pertahanan Darat, 1 orang Prodi Manajemen Pertahanan, 3 orang Prodi Keamanan Energi, 3 orang Prodi Ekonomi Pertahanan, 3 orang Prodi Manajemen Bencana, 6 orang Prodi Keamanan Maritim, 7 orang Prodi Damai dan Resolusi Konflik, 9 orang Prodi Industri Pertahanan.


Sedangkan 296 lulusan, terdiri dari Fakultas Strategi Pertahanan (FSP) 145 orang, Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) 56 orang, Fakultas Keamanan Nasional (FKN) 85 orang, dan Fakultas Teknoiogi Pertahanan (FTP) 10 orang. 



Saat upacara wisuda, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu yang diwakilkan oleh Sekjen Kementerian Pertahanan Marsekai Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja meyakini bila lulusan Unhan nantinya akan mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh untuk bangsa dan negara.

"Saya harapkan lulusan ini mampu berkarya pada bangsa dan negara. Menjadi alumni Unhan memberikan sudara tugas dan tanggungjawab  memberikan kontribusi positif. Untuk itu karya anda sangat ditunggu oleh bangsa dan negara", kata Hadiyan ketika membacakan sambutan Menhan.  

Diingatkan pula,  bahwa lulusan Unhan diharapkan mampu menganalisa permasalahan dan kompleksitas tantangan bangsa kedepan, terutama ada aspek pertahanan dan keamanan.  Sehingga lulusan Unhan mampu menyumbangkan pikiran positifnya melalui dukungan kebijakan strategis," tutur Hadiyan.  

Ditempat yang sama, Gedung Aula Serbaguna PMPP, kawasan TPSC Sentui-Bogor. Kamis, (22/3), Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A, mengatakan, agar lulusan dan alumni Unhan yang telah terakreditasi A agar memiliki tanggung jawab sebagai kader intelektual Bela Negara. 

"Jadikan momentum wisuda hari ini sebagai pintu gerbang memasuki dunia pengabdian yang sebenamya serta melanjutkan proses pengembangan diri yang optimal bagi masing-masing individu maupun bagi organisasi dan lembaga dimanapun anda bertugas", ujar Rektor

Rektor menambahkan, Universitas Pertahanan sebagai kampus Bela Negara telah memposisikan eksistensinya sebagai satu-satunya perguruan tinggi di lndonesia yang memfokuskan diri pada studi Ilmu Pertahanan dan Bela Negara untuk menyiapkan generasi pemimpin bangsa menjadi garda utama pertahanan bangsa yang maju dan modern, terang Rektor Unhan Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A. 

Hadir dikesempatan itu pejabat dilingkungan Kemenhan, pejabat tinggi Unhan beserta guru besarnya.  Hadir pula  pejabat di lingkungan Indonesia Peace and Security Center (iPSC), Staf Ahli Bidang lnfrastruktur Menristekdikti, Senat Akademik Unhan, Para Athan Negara Sahabat, Mabes TNI dan lainnya. (e)

Related

Peristiwa 8995648543495308184

Posting Komentar Default Comments

Twitter @JakartaForum

Adsense

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

item