Risoles Amerika a.k.a American Risoles (AMRIS) : Panduanibu

Risoles Amerika a.k.a American Risoles (AMRIS)
Share ke Facebook Share ke Twitter

Risoles Amerika a.k.a American Risoles (AMRIS) – Sebenarnya saya sudah pernah posting tentang risoles amerika yang sering di sebut risoles mayo di Resep Risoles Mayo Keju Komplit beberapa waktu lalu. Disana saya juga sudah menjelaskan asal usul risoles yang merupakan salah satu gorengan gurih yang berasal dari negeri kincir angin Belanda. Di Belanda risoles / risol awalnya disebut Rissole yang dibuat dari kulit risol yang berisian aneka daging cincang dan sayuran yang digulung bentuk bulat memanjang/segitiga, lalu digulingkan ke adonan kering tepung panir dan di goreng kering.

Namun karena saya habis beli teflon super creepe yang khusus untuk membuat dadar-dadaran, akhirnya jadi tergiur untuk memosting resep risoles amerika kembali dengan kreasi yang berbeda. Untuk isian american risoles atau risoles mayo yang kemarin saya bagikan berisi sayuran, daging ayam, keju dan bahan lainnya yang menonjolkan rasa mayo yang asam gurih hampir mirip dengan rogout. Namun pada kesempatan kali ini saya akan mengganti isian risoles amerika ini layaknya nama risol tersebut yaitu dengan daging asap/smoked beef, sosis atau daging sapi cincang.

Entah dari mana tercetusnya nama risoles amerika ini, karena memang di Amerika sendiri tidak ada yang namanya risoles. Yah mungkin karena isinya yang bergaya bule yaitu terdiri dari smoked beef/sosis, potongan keju, telur rebus dan mayonaise jadi banyak orang yang menyebut snack gurih ini american risoles. Adanya kreasi isian dari risoles amerika gurih yang mempunyai julukan amris ini membuat banyak orang semakin menyukai risoles.

Ya tentu saja, risoles original yang umumnya berisi rogout sayuran seperti kentang, wortel dan telur rebus ini menjadi lebih populer karena isiannya yang lebih istimewa dengan gaya bule. Menurut saya malah lebih praktis membuat risoles amerika mayo keju bun, karena kita tidak dibuat ribet membuat rogoutnya terlebih dahulu. Dan tentunya hasil dari cara membuat risoles amerika lebih tahan lama ketimbang risoles yang berisi rogout.

Kelebihan dari amris adalah bisa disimpan di chiller selama 1-2 hari dan dapat disimpan beku dalam freezer (Frozen Amris) selama 6-7 hari. Bahkan ada yang bilang bisa tahan 1 bulanan kalau disimpan di freezer, tapi saya belum pernah mencobanya . Tips menggoreng untuk risol mayonaise / risoles amerika yang sudah disimpan di freezer sebaiknya didiamkan terlebih dahulu beberapa saat di suhu ruang kurang lebih selama 30 menit dan jangan langsung digoreng ya bun, agar tidak mudah gosong ketika digoreng diminyak panas.

Oke, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Risoles Amerika Keju Mayonaise nya bun, mari simak dan langsung di pratekkan yaaaa!

 

Resep dan Cara Membuat Risoles Amerika

Bahan Kulit Risoles :
Tepung terigu protein tinggi 100 gram (saya lebih suka menggunakan terigu protein tinggi karena hasilnya lebih lentur, tapi bisa juga mengunakan terigu protein sedang)
Garam 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Telur 1 butir
Susu cair 250 mili liter
Gula pasir 1/4 sendok teh

Bahan Isi Risoles :
Daging asap / smoked beef 5 lembar, iris-iris atau bisa diganti dengan sosis yang di iris memanjang
Telur rebus 2 butir
Keju cheddar 90 gram (dipotong balok)
Mayonaise Jepang atau mayonaise apa saja secukupnya

Bahan Pelapis :
Telur ayam 1 butir, kocok
Bread crumb / tepung panir / tepung roti secukupnya
Bahan Pelengkap :
Saus tomat
Saus sambal
Cabai rawit

Step By Step Cara Membuat Risoles Amerika :
Kulit Risoles : Langkah pertama kocok telur dalam wadah dan masukkan tepung terigu, garam dan gula. Kemudian masukkan susu cair, aduk rata menggunakan whikser sampai sedikit encer. Yang bertujuan agar menghasilkan lembaran kulit risoles yang tidak terlalu tebal. Harus benar-benar tercampur dengan baik dan tidak ada yang bergerindil ya bun bahan ini, saring bila perlu.
Selanjutnya panaskan wajan datar anti lengket dengan menggunakan api kecil. Buat dadar tipis-tipis (sekitar 1 sendok sayur per 1 lembar). Masak masak sebentar hingga permukaannya tidak lengket. Angkat, lalukan terus sampai habis.
Setelah itu ambil selembar kulit risoles lalu tata bahan isi dengan menggunakan 1/2 lembar beef ham, 1/6 telur rebus, 1 sendok teh mayones Jepang dan 1 potong keju per sajian. Susun bahan isi di tengah bawah kulit risoles. Lipat bagian bawah ke atas, kulit samping kanan-kiri ke tengah, lalu gulung ke depan.
Rekatkan bagian kulit sisa dengan olesan telur. Lumuri risoles ke dalam kocokan telur ayam bahan oles, lalu balur ke tepung roti sampai merata.
Terakhir goreng dalam minyak yang menggunakan api sedang sampai kedua sisi berubah kecoklatan.
Angkat, tiriskan dan risoles amerika / risoles keju mayo / amris / risoles mayo / American risoles siap untuk dinikmati bersama sambal atau cabai rawit.
Sebenernya selain dibuat risoles amerika goreng, risoles dapat diolah dengan di oven. Tapi menurut saya hasilnya kurang nendang gurihnya, ya gimana lagi ya orang Indonesia kan sukanya yang gurih-gurih. Walaupun sebenarnya lebih sehat risoles panggang dibanding risoles goreng. Tak apa lah yaa makan gorengan gurih, tapi jangan banyak-banyak oke!

Resep Risoles Amerika di atas menghasilkan sekitar 10 buah risoles goreng. Jika ingin recook sedikit bisa coba 1/2 resepnya dulu ya, dan bagi yang ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan bahan-bahan sesuai kebutuhan. Oh iya ada beberapa Tips lagi untuk membuat American Risoles ini agar tampilannya cantik dan rasanya lezat.

Yang pertama jangan lupa gunakan kulit yang luarannya putih di depan yang yang agak kecoklatan di dalem, agar hasilnya crispy diluar dan tetap lembut didalam. Jangan takut kulit dalemnya tidak matang, karena nanti akan matang dengan sendirinya saat amris digoreng. Kemudian untuk membuat kulit risolesnya tuang adonan dari pinggir ya, jangan menuangnya dari tengah karena nanti susah ratanya.

Itulah bahan-bahan dan tips cara membuat risoles amerika nya, cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep Risoles Amerika a.k.a American Risoles (AMRIS).

Jika resep dan step by step cara membuat risoles amerika mayo ini bermanfaat, jangan lupa like dan bagikan ke bunda lainnya ya ..
Salam risoles

Sumber :

Related Posts