DUBES AMERIKA SERIKAT OPTIMALKAN KERJASAMA LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Jakarta - DUBES AMERIKA SERIKAT OPTIMALKAN KERJASAMA LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN. Dengan telah dilantiknya H.E. Joseph R. Donovan Jr. sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia pada tanggal 4 November 2016 dan telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 13 Januari 2017, Donovan menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Jumat (3/2/2017) di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Pertemuan ini membahas kerjasama kedua negara, khususnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan bahwa "Kebijakan Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat ini adalah memprioritaskan kepada pembatasan penggunaan kawasan hutan, pendisiplinan para pemegang izin konsesi, pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Lebih lanjut Menteri Siti mengatakan,” KLHK juga akan memperhatikan masyarakat hukum adat dan kearifan lokal yang ada di masyarakat, penegakan hukum terkait perdagangan dan peredaran tumbuhan dan satwa liar, serta meningkatkan kunjungan wisata ke taman nasional dan taman wisata”.


Selain hal tersebut di atas, Menteri LHK juga menyampaikan, “Saya telah berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam penyiapan lahan untuk pembangunan infrastruktur. Sejumlah pembangunan infrastruktur seperti underpass dan flyover yang melewati kawasan hutan dikembangkan dengan teknologi yang ramah lingkungan”. Disamping itu LHK juga melakukan restorasi gambut dengan cara mengendalikan kegiatan pemegang IUPHHK yang areal kerjanya berada pada kubah gambut. “Kita mendorong pemegang izin untuk melibatkan masyarakat hukum adat yang ada di sekitarnya,” ujar Menteri Siti.

Dubes Donovan yang didampingi Brian McFeeters (Deputy Chief of Mission), Erin McKee (USAID Mission Director) dan Lewis Grow (Economic Officer) mengatakan, “Pemerintah AS akan mendukung kegiatan LHK antara lain dalam bentuk tata guna lahan/ spatial planning, pemberdayaan masyarakat, penegakan hukum dan perlindungan pantai dan pesisir”. Dubes Donovan memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan di Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Papua dalam hal adaptasi perubahan iklim.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar hutan akan dikembangkan Agroforestry, dengan tanpa merusak hutan, tetapi dapat memanfaatkan hasil hutan bukan kayu (HHBK) seperti madu, getah dan buah serta pengembangan ekowisata,” ujar Menteri Siti Nurbaya.
 
Pada akhir pembicaraan dengan Dubes Donovan, Menteri Siti Nurbaya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Dubes Donovan dan kerjasama yang selama ini telah terjalin dan kerjasama yang akan dilaksanakan

Related

Peristiwa 6847099866147987925

Posting Komentar Default Comments


Jakarta Forum Channel - Youtube

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

item