Menkumham Resmikan 10 Lapas Industri Wilayah Jawa Barat

Jakarta -Menkumham Resmikan 10 Lapas Industri Wilayah Jawa Barat. Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly meresmikan 10 lembaga pemasyarakatan (lapas) produksi  diwilayah Jawa Barat APBN-P Tahun  2016 yang  berpusat di LapasKelas III Warungkiara, (4/2).

Dari keterangan yang diperoleh, peresmian ini bermaksud menyegerakan pelaksanaan kegiatan industri di lapas dengan memberikan keterampilan kepada narapidana melalui kegiatan industri yang disesuaikan dengan kondisi geografis masing masing daerah. 


Selain itu, pembangunan   lapas   industri   juga untuk menunjang kemandirian operasional lapas, menunjang kebutuhan masyarakat dan instansi lain, bahkan untuk skala yang lebih luas menjadi unit bisnis yang berorientasi profit untuk kepentingan negara.

Hal lainnya, kegiatan Industri di lapas ini harus dapat merubah image  masyarakat  dari lapas konsumtif menjadi lapas produktif. Lakukan kegiatan industri di lapas dengan profesional sehingga dapat menghasilkan PNBPserta menghilangkan stigma/cap buruk terhadap narapidana.

Untuk itu, Menkumham meminta seluruh kegiatan industri di lapas agar mendukung program pembinaan narapidana serta harus dapat menjadi media informasi kepada masyarakat bahwa lapas/rutan tidak saja menjalankan fungsi pengamanan, melainkan juga fungsi pembinaan.

Beberapa lapas yang diresmikan antara lain,  adalah  Lapas  Sukamiskin,   Lapas  Cirebon,   Lapas  Karawang,   Lapas  Kuningan,  Lapas   Cibinong,   serta Lapas Bogor. Sementara Lapas Warungkiara   akan   dijadikan   sentra   penggemukan   sapi   potong   dan   pertanian   penunjang   pakan   sapi wilayah Jawa Barat.

Selain meresmikan lapas, Menkumham juga berkesempatan menandatangani prasasti Peternakan Terpadu Lapas Industri se-Jawa barat, serta peluncuran  website  dan  video call  Warung Telekomunikasi KhususPemasyarakatan di Lapas Industri Warungkiara.

Turut hadir dalam peresmian Gubernur  Jawa   Barat,   Direktur   Jenderal Pemasyarakatan, Bupati Sukabumi, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, mitra kerja, serta tamu undangan lainnya. (ef/Jf)

Related

Peristiwa 6275034024846378102

Posting Komentar Default Comments


Jakarta Forum Channel - Youtube

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

item