Panglima TNI Uraikan Cyber War di Universitas Pertahanan

Jakarta - Panglima TNI Uraikan Cyber War di Universitas Pertahanan. Dengan pengetahuan dan intelektualitas yang dimiliki, mahasiswa Unhan dituntut mampu bersinergi dan memahami dampak dan ancaman cyber war terhadap kedaulatan bangsa. Demikian penekanan Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat beri Kuliah Umum di Kampus Bela Negara Universitas Pertahanan (Unhan), (13/3), Sentul Bogor.  

Dihadiri 243 mahasiswa, Panglima menjabarkan  perkembangan dan upaya TNI mengantisipasi efek cyber sebagai ancaman keutuhan dan kedaulatan bangsa.  


"Saat ini ancaman cyber menjadi ancaman utama dan momok yang meresahkan. Kini ancaman cyber disinyalir mampu menguasai kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan bahkan mampu menciptakan kesenjangan. Untuk itu kita harus bersikap. Nah, TNI dalam hal ini mengantisipasi ancaman cyber dengan membentuk SAT Cyber TNI. Dalam operasinya  SAT Cyber TNI diisi oleh sosok sosok perwira perwira yang mumpuni dibidang cyber", urai Panglima.

Dalam tugasnya, lanjutnya, SAT cyber TNI bekerja 24 jam memantau perkembangan arus teknologi cyber yang tiada henti. Dan optimalisasinya, saya meminta laporan tiga hari sekali guna memantau perkembangan situasi, terang Hadi. 

Bukan itu saja, sambung Panglima, kita juga  berkolaborasi dengan instansi sipil terkait selain dengan BIN,  Polri,  Bais, dan intansi sejenis lainnya, kata Panglima. 

Selain menghadapi permasalah teknologi informasi (cyber), kepada mahasiswa, dosen dan pejabat Unhan di ruang auditorium, Panglima juga memberikan gambaran permasalahan lainnya, seperti : kedaulatan bangsa,  terorisme,  ideologi bangsa,  program maritim pemerintah,  konflik perbatasan antar negara, radikalisme dan bencana alam.  

Rektor Unhan, Mayor Jenderal TNI Dr.  Yoedhi Swastanto,  MBA,  dalam hal ini mengatakan bahwa apa yang disampaikan Panglima dengan tema "Kebijakan TNI Dalam Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI", wajib dipahami oleh mahasiswa. "Penting bagi mahasiswa untuk memahami apa yang disampaikan Panglima karena materi ini merupakan bekal dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan implementasi penerapan tugas dimasa mendatang", tegas Rektor.  

Sebelumnya, dalam sambutan, Rektor juga menyampaikan trimakasih kepada Panglima yang berkenan hadir memberikan wawasan kepada mahasiswa.  Dikesempatan itu Rektor juga menyampaikan sejarah singkat berdirinya Unhan kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. (e).

Related

TNI 8294962306188738590

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

item