The Local Market, Merayakan Karya Para Seniman dan Pengrajin Produk Lokal

Jakarta - The Local Market, Merayakan Karya Para Seniman dan Pengrajin Produk Lokal.The Local Market’ acara komunitas produk lokal Indonesia yang lahir dari sebuah semangat meningkatkan nilai produk lokal telah dibuka kemarinn, 2 Maret 2018 dan akan berlangsung hingga besok, 4 Maret 2018 di La Maison Barito, Jakarta Selatan. Pertama kali diselenggarakan dua tahun lalu dengan tajuk Kemang Rooftop, kali ini The Local Market menghadirkan ratusan produk lokal yang telah melalui proses kurasi, dilengkapi dengan 12 lokakarya dan dialog terkait ekonomi kreatif. Diinisiatori oleh Ku Ka (online marketplace di Indonesia dengan fokus produk lokal Indonesia) dan Paisley Things (vendor yang menjual produk dari para pengrajin lokal di bawah naungan Darius Tobing Foundation), acara The Local Market terbuka untuk masyarakat umum.

“Kami berfokus pada produk-produk lokal Indonesia yang berkualitas dan telah melalui proses kurasi. Kami percaya, menciptakan wadah untuk para pengrajin agar dapat bertemu langsung dengan masyarakat bisa menumbuhkan geliat produk kerajinan tangan serta melestarikan budaya melalui produk seni. The Local Market lebih dari sekedar tempat menjual dan membeli barang, melainkan acara yang membawa kehidupan di tengah masyarakat. Kami juga banyak mempublikasikan ke lingkungan expat, dengan harapan terjadi amplifikasi yang besar mengenai produk lokal Indonesia ke negara lain. ” ujar Caroline Tobing selaku Founder Paisley Things.



Melengkapi keterangan mengenai The Local Market, Titonius Karto selaku Founder of Ku Ka Indonesia mengatakan, “Ku Ka konsisten berjalan bersama produk lokal. Para pengrajin dan seniman produk lokal merupakan sosok spesial di mata kami. Dari jam ke jam, hari ke hari, bulan ke bulan sampai pergantian tahun mereka membuat sesuatu, belajar dan melakukan improvisasi untuk memberikan seusatu yang dinikmati orang lain. Di tengah banyak orang yang terjebak dengan segala rutinitasnya, mereka memilih sesuatu yang asalnya dari hati dan membawa kebahagiaan untuk orang lain berbentuk produk-produk kreatif dan berkualitas. Dan hari ini kami merayakan karya mereka di The Local Market. Ini bentuk kebanggaan kami terhadap produk lokal Indonesia. Mereka itu amazing!”



Artis Rianti Cartwright yang juga terlihat mengunjungi dan membeli beberapa produk lokal di The Local Market mengajak masyarakat untuk hadir ke The Local Market melalui video instastory @thelocalmarket.id, “Hai guys! Datang ya ke event The Local Market di La Maison Barito Jakarta. Banyak barang bagus untuk dilihat dan dibeli disini.” ujar Rianti.
Selain menghadirkan ratusan produk lokal berkualitas, The Local Market bekerjasama dengan Mata Cinta menyelenggarakan 12 lokakarya dan dialog terkait ekonomi kreatif yang bisa diikuti masyarakat sepanjang tiga hari diselenggarakannya The Local Market.

“Kami bekerjasama dengan Mata Cinta dan Project Semesta juga menghadirkan belasan workshop terkait ekonomi kreatif dan responsible business. Masyarakat bisa mengikuti workshop tersebut dan informasi terlengkapnya ada website thelocalmarket.id” ujar Tito.

The Local Market kedepannya akan diadakan secara konsisten dan berharap dapat menjadi contoh model lingkungan yang suportif tanpa suasana kompetitif, sehingga dapat tercipta ekosistem produk lokal yang harmonis, baik itu antar pengrajin ataupun antara pengrajin dan masyarakat.

Related

Peristiwa 111408283535856661

Posting Komentar Default Comments


Jakarta Forum Channel - Youtube

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

item