Komitmen Unhan Aktif Sebagai Pelopor Perdamaian

Jakarta - Menciptakan dan mewujudkan perdamaian dunia merupakan kewajiban bagi seluruh elemen dan seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini juga selaras pada Pembukaan UUD 1945. Berdasarkan ketetapan itu, dan sekaligus memperingati Hari Perdamaian Dunia ke 70, Universitas Pertahanan menggelar Seminar yang mengupas, menguraikan serta mewujudkan upaya perdamaian nusantara. 

Seminar yang bertema "The Right to Peace The Universal Declaration of Human Rights at 70” itu dipimpin langsung oieh Plt. Rektor Unhan Prof. Dr. Ir. Dadang Gunawan, M.Eng. dan berlangsung di Kampus bela negara, Komplek IPSC -Sentul, (21/9).


Suksesi pelaksanaan kegiatan, Unhan   menghadirkan beberapa narasumber seperti : Prof. Dr. Haffid Abbas (Ketua KOMNASHAM periode 2014/2015). Prof. Dr. Franz Magnis Suseso, SJ., Dr. Margaretha Hanita, MSi dan Dr Mulyadi (Tenaga Ahli Bawaslu RI).

Dalam hal ini Plt. Rektor Unhan menyampaikan bahwa tujuan digelarnya seminar adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan menggugah semangat memperjuangkan Hak Asasi Manusia guna mendukung perdamaian dunia, terutama menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang. 

"Seminar yang fokus membahas aspek perdamaian ini merupakan bentuk kepedulian Unhan dalam mewujudkan perdamaian. Universitas Pertahanan terpanggil bersama seluruh komponen mendukung pelaksanaan Pilpres yang kondusif sehingga diharapkan pemilu berjalan aman damai. Menyuarakan perdamaian merupakan dasar kesatuan dan persatuan", jelas Rektor usai kegiatan. 

Ditekankannya juga, "Masyarakat perlu mendapatkan pemahaman dan kesadaran menciptakan perdamaian dan mewujudkan stabilitas keamanan", tutur Rektor

Selain membahas aspek aspek perdamaian yang diuraikan narasumber, dikesempatan itu juga digelar deklarasi perdamaian.  

Adapun semangat yang tegaskan dalam deklarasi yaitu : mengecam keras segala bentuk kekerasan dan kewenang-wenangan yang terjadi di seluruh dunia, menyerukan penghapusan segala bentuk diskriminasi yang terkait suku, agama, dan ras, menyerukan untuk saling menghargai, menghormati, dan menyebarkan budaya damai dalam semua aspek kehidupan dalam mencegah dan menyelesaikan kekerasan dan konfiik. Dalam hal ini  seluruh civitas akademik Unhan berkomitmen untuk terlibat aktif menjadi pelopor dan pelaku dalam mewujudkan dunia yang penuh damai, harmonis, dan cinta. (e).

Related

Peristiwa 6285129137120191182

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

item