Peduli Kebudayaan, Koramil O3/Grogol Palmerah Gelar Pertunjukan Wayang Golek

Jakarta - Makin minimnya minat genasi muda akan budaya asli nusantara mendorong Kodim 0503 Jakarta Barat untuk mengadakan Pagelaran Kesenian Wayang Golek yang digelar dalam Rangka HUT TNI ke-73 tahun 2018.

Mengambil lakon "Jaya Perbangsa" dengan Dalang Ki Den Gala, pagelaran wayang kulit dilaksanakan di Lapangan Romsol Wijayakusuma, Kel. Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu malam (13/10/2018).


Danramil 03/Grogol Palmerah (GP) Kapten Inf Jefriansen Sipayung, S.E., sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan,  melalui acara kebudayaan ini adalah untuk menjaga dan melestarikan budaya daerah untuk memperkenalkan kepada generasi muda bangsa.

"Besar harapan kami dengan kegiatan ini agar generasi muda untuk lebih mengerti budaya bangsa dan budi pekerti dalam memperkokoh jiwa nasionalis dengan lebih mencintai tanah air," tambahnya.

Dalam kesempatan ini Kasdim 0503/Jakarta Barat Mayor Inf M. Rijal mewakili Dandim 0503/Jakarta Barat Letkol Inf Andre Henry Masengi menuturkan bahwa dengan kita mencintai budaya bangsa sendiri maka kita sudah mempertahankan aset seni budaya bangsa sendiri.

"Jangan heran kalau budaya kita lambat laun diambil oleh bangsa lain, jangan salahkan mereka tetapi salahkan diri sendiri karena kita sendiri tidak mencintai budaya seni buda sendiri," ujarnya.

"Semoga kita akan selalu dapat mencintai budaya kita sendiri yang memiliki banyak ragam budaya nasional, mari kita jaga dan lestarikan budaya bangsa ini hingga kapanpun, kalau bukan kita siapa lagi," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Unit Pengelola Museum Seni Dinas Parawisata & Kebudayaan DKI Jakarta Ibu Esti Utami mengatakan bahwa pagelaran Wayang Golek malam ini merupakan satu program kami, yang secara rutin setiap tahun.

"Diantaranya Wayang Kulit Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Wayang Golek, malam ini adalah pagelaran kami yang ke sembilan di tahun 2018," ujarnya.

"Malam ini juga adalah kebanggaan kami karena selalu bergandeng tangan dengan Persatuan Pedalangan Indonesia Pusat (Pepepadi) dan digandeng oleh Kodim 0503/Jakarta Barat yang kebetulan lokasinya berada di wilayah Koramil 03/Grogol Palmerah, terimakasih yang tak terhingga kepada Dandim Jakarta Barat Letkol Kav Andre Hanry Masengi, sampai malam ini telah bekerjasama dalam rangka memberikan hiburan gratis kepada masyarakat dalam rangka HUT TNI ke-73. Artinya semarak kebangsaan Indonesia dan semarak pagelaran Wayang di Ibu kota Jakarta semakin bergeming dan berkumandang," bebernya.

"Semoga kerjasama akan hal kesenian ini juga saya harapkan tidak berhenti disini saja lain waktu kedepan kami siap kembali bergandeng tangan dengan Kodim Jakarta Barat," tutupnya.

Turut Hadir Dandim 0503/JB Letkol Kav Andre Henry Masengi, Kasdim 0503/JB Mayor Inf M. Rizal, Ibu Esti Utami Pengelola Museum Seni Dinas Parawisata & Keb DKI Jakarta, Para Danramil jajara Kodim 0503/JB, Para Pasi Kodim 0503/JB, Kapolsek Palmerah Kompol Ade Rosa Bustari, Camat Palmerah Zery Ronazy, para Lurah se-Kecamatan Palmerah, para Babinsa dan Babinkamtibmas, para Tomas, Toga dan Toda, para Mitra Babinsa dan Wanra, serta warga Kecamatan Grogol Palmerah.

Related

TNI 7402769366292925099

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

item