Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi Pimpin Peringatan Detik Detik Proklamasi diatas KRI Semarang 594

Jakarta - Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Laksamana (Purn) Ade Supandi memimpin langsung upacara memperingati detik detik Proklamasi kemerdekaan RI dan Tabur Bunga diatas KRI Semarang 594 yang berlayar di sekitar Teluk Jakarta, Sabtu (17/08/2019).

Sejak pagi, ratusan peserta upacara yang terdiri dari para purnawirawan TNI AL, TNI AD, TNI AU, Polri, berbagai Ormas,  Pelajar/Mahasiswa, berbagai komunitas, Pecinta Maritim dan elemen masyarakat lainnya terlihat antusias untuk menaiki kapal untuk bergabung mengikuti upacara Kemerdekaan RI ke-74 dan tabur bunga di atas KRI Semarang 594 yang diikuti 5 kapal phinisi yang berlayar dibelakangnya, 

laksamana TNI (Purn) Ade Supandi Pimpin upacara
Tepat pukul 10 WIB, sirene kapal nyaring dibunyikan sebagai tanda detik detk peringatan Proklamasi 17 Agustus dan dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh ketua PPAL. Setelah itu digelar doa dan tabur bunga di Teluk Jakarta.

Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi Berikan Tumpeng Kepada Sesepuh Purnawirawan Dari TNI AD
Sesuai upacara ketua PPAL Laksamana (Purn) Ade Supandi menyatakan bahwa tujuan digelarnya acara ini adalah sebagai wadah dari para Purnawirawan yang sudah pensiun untuk tetap dapat memperingati hari kemerdekaan negerinya.

Tabur Bunga di Perairan Teluk Jakarta
"Jangan lupa dulu para purnawirawan ini yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI, setelah mereka pensiun tentunya keberadaan mereka sudah tersebar, nah daripada mereka upacara terpisah di kompleknya masing masing, maka kami kumpulkan untuk upacara bersama di atas Kapal Perang RI. Tentunya ini ada kebanggaan tersendiri." kata mantan Kasal yang murah senyum ini.

"Peserta juga bukan hanya dari Purnawirawan lingkungan TNI AL saja, akan tetapi tahun ini kami juga mengundang Purnawirawan dari TNI AD, TNI AU, Polri, Ormas dan berbagai Komunitas yang lain. Jadi moment ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi purnawirawan lintas matra bersama masyarakat lainnya. Dari rencana awal 600 orang  peserta ternyata peminatnya lebih dari 800 orang, ini artinya banyak yang berminat ikut acara ini." tambahnya

Sementara itu Ani, salah seorang komunitas masyarakat yang ikut serta menyatakan senang dan bangga bisa ikut pelayaran ini.

"Bisa upacara diatas kapal yang sedang berlayar adalah pengalaman yang baru bagi saya, meski panas panas-an di atas geladak kapal tapi saya senang dan merasa terkesan terutama saat sirene kapal nyaring dibunyikan dan mendengan teks proklamasi dibacakan, rasanya merinding gimana gitu. Saya juga berharap tahun depan bisa ikut lagi." ungkapnya.

Selesai Upacara dan Tabur Bunga, Ketua PPAL mengajak peserta untuk beramah tamah dengan memotong tumpeng tanda syukur. Potongan tumpeng pertama diberikan kepada sesepuh Purnawirawan dari TNI AD dan potongan tumpeng kedua diberikan kepada Prajurit TNI AL yang termuda yang tengah berdinas di KRI Semarang 594.

Related

TNI 5917939720359978292

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

item