Cegah Karat Pada Besi Dengan 4 Cara Ini


Besi menjadi bahan baku utama untuk beberapa barang-barang yang ada di rumah. Sebut saja pagar rumah hingga gagang pintu masuk rumah kamu. Hal ini menjadikan besi sebagai salah satu bahan dasar yang paling laris di pasaran. Namun, masalah yang sering terjadi pada besi adalah mudah berkarat. Terutama, jika besi tersebut adalah besi polos dan berada di luar rumah dan terpapar air hujan hingga udara luar secara langsung.

Besi yang berkarat tentu menjadi masalah sendiri karena terlihat kotor dan kamu pun enggan untuk memegangnya. Untuk itu, cegah karat dan korosi pada besi agar tampilan besi tetap terjaga. Berikut beberapa tips mencegah karat pada besi yang harus kamu tahu.

1. Kurangi kelembaban udara

Untuk mengurangi kelembaban udara pada ruangan, kamu bisa menggunakan AC. Kelembaban udara yang menurun juga berpengaruh terhadap kualitas besi. Semakin rendah kelembaban udaranya, semakin bagus kualitas besi tersebut dan mencegahnya dari karat.

2. Lapisi besi dengan senyawa logam atau non logam

Kamu bisa juga menggunakan emas, perak, nikel, timah, tembaga dan platina untuk membantu melindungi besi dari oksidasi. Senyawa non-logam yang dapat digunakan adalah cat, kaca, plastik ataupun pelumas seperti oli atau gemuk. Metode pelapisan dengan cat adalah metode yang paling sederhana dan yang paling mudah untuk dilakukan sebagai bagian dari pencegahan dan perawatan.

3. Lapisi dengan cat

Mengecat besi baja membuatnya tidak tersentuh udara secara langsung. Udara dan air hujan tidak akan mengenai besi baja secara langsung karena lapisan cat yang melindungi besi tersebut. Hal ini membuat besi tetap terjaga kualitasnya.

4. Balut dengan plastik

Penggunaan besi baja memang sangat banyak. Hal ini disebabkan karena kemampuan pertahanannya yang cukup tinggi. Selain melapisinya engan cat, kamu juga bisa melapisinya dengan plastik. Selain lebih murah, plastik bisa melindungi besi dari berbagai kotoran, air hujan dan udara di luar.

Di luar itu, kamu harus menggunakan besi dengan kualitas yang bagus. Meski kadang besi yang bagus diproduksi di tempat yang jauh, kamu bisa menggunakan jasa trucking untuk mengirim besi tersebut agar sampai ke tangan kamu.

Belum ada Komentar untuk "Cegah Karat Pada Besi Dengan 4 Cara Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel