Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Virus Corona dari SehatQ.com


Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya Pandemi Virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik saja, akan tetapi juga mengancam kesehatan mental setiap individu. Bahkan tidak hanya rasa takut yang ditimbulkannya. Namun, efek psikologis yang ditimbulkannya pun akan berdampak serius. Lalu apa saja gangguan mental yang seringkali muncul. Lalu bagaimana cara mengatasi gangguan kesehatan mental?

Wabah covid19 atau infeksi virus Corona semakin meluas. Tidak hanya itu saja, wabah ini sudah menjangkit 199 negara dan di antaranya adalah lndonesia. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kesehatan mental individu yang berada dari rasa takut dan khawatir. Terlebih adanya anjuran untuk diam di rumah dengan diberlakukannya kebijakan social distancing yang kerap disebut physical distancing.

Physical distancing ini bisa dikatakan sedikit banyak menimbulkan jarak secara emosional antara keluarga, teman, sahabat, rekan kerja, hingga umat persekutuan di tempat ibadah yang bisa saling memberikan dukungan. Namun untuk sebagian orang hal lain juga kerap terjadi sebagai suatu tekanan dan beban di mana jika tidak dikendalikan maka akan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai cara menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga kesehatan mental selama masa Pandemi.

Melakukan aktivitas fisik

Aktivis fisik yang dimaksud di sini adalah melakukan berbagai olahraga ringan seperti berlari kecil atau lompat di tempat. Hal ini pun bisa dilakukan di lingkungan rumah. Dengan begitu tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang bisa membantu meredakan stress, memperbaiki mood, dan mengurasi rasa khawatir. Selain aktivitas tersebut, Anda juga dapat melakukan peregangan dan latihan pernafasan. Terakhir jangan lupa berjemur di bawah sinar matahari pagi agar sistem imun meningkat

Menghentikan kebiasaan yang buruk

Bisa jadi selama ini Anda memiliki kebiasaan buruk. Jadi, ada baiknya untuk segera dihentikan. Salah satunya yakni kebiasaan merokok. Jika selama ini Anda terbiasa merokok maka cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut karena merokok dapat menyebabkan meningkatnya risiko Anda terinfeksi kuman penyakit.

Belum lagi kebiasaan merokok serta mengkonsumsi alkohol dapat mempengaruhi kesehatan mental. Selain itu, hindari kebiasaan buruk lain seperti terbiasa begadang, serta istirahat yang kurang. Karena kedua hal ini akan berdampak pada mood Anda.

Mengonsumsi makanan sehat

Salah satu hal yang lekat dengan hidup yang sehat adalah mengonsumsi makanan bergizi. Makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat. Beragam nutrisi ini pun dapat kita peroleh dari nasi, buah-buahan, sayuran, daging, makanan laut, susu, serta kacang-kacangan.

Nyatanya makanan di atas tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh saja, akan tetapi juga dapat menjaga kesehatan mental Anda.

Daily Work

Salah satu tips menjaga kesehatan mental yaitu membuat rutinitas sehari-hari hal ini bertujuan agar Anda tidak merasa bosan atau jenuh dengan kehidupan selama menjalani karantina di rumah. Rutinitas yang dimaksud dapat berupa kegiatan atau hobi yang Anda sukai seperti membaca buku, menonton drama, memasak, dan masih banyak lagi yang bisa menjadi pilihan kegiatan untuk mengisi waktu luang. Jadi, selain menghilangkan rasa jenuh, Anda juga bisa meningkatkan kreativitas selama sosial distancing.

Bijak memilah informasi

Zaman sekarang sosial media sangat berpengaruh bagi setiap individu. Sayangnya tidak hanya untuk hal positif saja. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memfilter informasi yang didapatkan, tapi bukan berarti harus menutup diri dari informasi yang penting. Sebaiknya pilihlah informasi secara kritis dan bijak.

Selain tips di atas, Anda bisa memanfaatkan aplikasi SehatQ.com di mana Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat dokter. Tidak hanya itu saja lewat aplikasi ini Anda bisa mendapatkan info kesehatan yang banyak dan tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan mental Anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Virus Corona dari SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel