Risiko bencana Bandung Raya : WEBID3

Berita dan informasi Jawa Barat tentang potensi bencana di berbagai daerah

 

Baru-baru ini, berita tentang Jawa Barat penuh dengan bencana alam yang melanda bumi di tanah air. Hampir seluruh Jawa Barat (Jawa Barat) mengalami banjir, longsor dan bahaya lainnya. Seperti Garut, Bogor, Bandung dan wilayah Mahi Barat. Risikonya cukup tinggi di empat wilayah.

Tidak hanya gunung dan sungai yang kaya akan pedesaan, tetapi juga daerah perkotaan yang berpotensi mengalaminya. Pihak Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar mengatakan, peta bencana sudah disiapkan hingga ke tingkat desa.

Namun, gempa bumi, banjir rob karena naiknya air laut, dan perubahan cuaca ekstrem tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, semua sektor masyarakat diimbau untuk tetap waspada setiap saat. Karena kewaspadaan dan pemahaman serta kesadaran masyarakat sangat penting.

Pengalaman banjir, longsor dan gempa bumi pada tahun 2020 telah menyebabkan penurunan tingkat pemantauan oleh pemerintah dan masyarakat. Apalagi dalam perubahan cuaca ekstrem yang bisa terjadi kapan saja. Pada 2020, hujan deras memicu 1.387 longsor.

Bencana alam di Jawa Barat berpotensi menimbulkan korban jiwa karena banyak permukiman yang dibangun di lereng dan lereng yang curam. Tidak hanya satu wilayah yang valid, tetapi juga berbeda wilayah Jawa Barat. Berikut penjelasan risiko bencana alam di beberapa wilayah Jawa Barat:

Risiko bencana di Kabupaten Garut

Laporan Berita Jawa Barat Menurut laporan berita Jawa Barat, curah hujan yang tinggi di seluruh negeri, terutama di wilayah Jawa Barat, meningkatkan kemungkinan tanah longsor dan banjir. Garut merupakan salah satu daerah yang paling berisiko di Jawa Barat sehingga memerlukan perhatian khusus.

Daerah rawan longsor umumnya berada di wilayah selatan dan tengah. Wilayah tengah hingga utara lebih rentan terhadap banjir. Medan banyaknya daerah dataran tinggi yang berbukit membuat Jawa Barat khususnya wilayah Garut rentan terhadap pergerakan lahan dan banjir bandang atau pasang surut.

Air hujan yang mengalir dari wilayah Garut Selatan ke pantai utara mendorong BPBD Garut mengeluarkan imbauan kepada kabupaten tersebut tentang potensi kesadaran bencana. Di sebelah utara, terdapat ancaman tanah longsor dan banjir bandang di kabupaten Malangbong dan di daerah Pakenjeng sebelah selatan Banjarwangi. Talegon, serta Sevu Barat.

West Java News terus mengikuti potensi bencana dan mengimbau masyarakat untuk melapor ke pemerintah terdekat jika mengetahui adanya kemungkinan bencana alam di sekitarnya. Bahkan potensi terkecil pun harus dilaporkan karena tindakan pencegahan sangat penting.

Risiko bencana Kota Bogor

Kecuali Garut, Bogor memiliki potensi bencana yang besar. Banjir paling sering terjadi di wilayah Kabupaten Bogor Poncak. Banjir bandang terjadi di peleton awal, menyebabkan Kampung Rawa Durang tenggelam bersama lumpur longsoran salju.

Berita Jawa Barat menunjukkan bahwa kemungkinan banjir dan longsor di wilayah tersebut masih tinggi. Diharapkan warga mampu menentukan terjadinya bencana dengan memperhatikan apakah ada getaran di tanah dan perbukitan, perubahan air keras di sumur, permukaan retak, meluapnya air sungai dan tanda-tanda lainnya.

Jatuhnya curah hujan tinggi meningkatkan kemungkinan banjir dan tanah longsor, sehingga pemerintah daerah dan masyarakat telah menyiapkan titik peringatan. Artikel ini selalu siap siaga selama 24 jam. Anda dapat menghubungi atau menghubungi posting terbaru untuk mendapatkan atau memberikan informasi.

Stasiun siaga bencana ini terletak di Jalan Pangeran Sogiri, Jalan Layungsari, Jalan Kebon Pedes, Jalan Sudirman dan Riau Square. Para petugas tersebut merupakan gabungan dari polisi, TNI/Poli, Tagana, Limmassi dan masyarakat setempat. Tidak hanya menyediakan berita tentang bencana Jawa Barat  , tetapi juga menyiapkan perangkat manajemen bencana.

Diperkirakan potensi Becana di wilayah Bogor akan tetap tinggi hingga akhir Maret saat musim hujan. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan lengah dan tetap waspada terhadap kemungkinan banjir dan longsor. Terutama mereka yang tinggal di sekitar sungai dan perbukitan.

WEBID :

  1. distributorcctv.co.id
  2. sederhana.co.id
  3. cekberatanak.id
  4. gbsh.co.id
  5. metrofcmalang.id
  6. o2omarket.id
  7. balajar.id
  8. mediaronggolawe
  9. bengkulusatu.co.id
  10. tribratanewspolresmakota.id
  11. swatvnews.id
  12. telkopedia.co.id
  13. stadion.co.id
  14. olymptrade.id
  15. bapper.id
  16. blud-rsudlht.id
  17. djohancapital.co.id
  18. sigmanews.co.id
  19. solusibisnis.co.id
  20. samasetara.id
  21. rsud-jeneponto.id
  22. hubdigital.id
  23. businessreview.co.id
  24. easydeal.id
  25. gatra.co.id
  26. edwardforrer.co.id
  27. sonorasurabaya.co.id

Risiko bencana Bandung Raya

Dalam West Java News, Kota Bandung disebut-sebut sebagai salah satu daerah bencana alam dan masuk dalam skala prioritas penanggulangan bencana nasional. Wilayah berpenduduk 2,5 juta orang kemungkinan akan mengalami banjir dan gempa bumi yang disebabkan oleh gunung berapi aktif.

Selain itu, tanah longsor, kebakaran, dan beralkohol menimbulkan risiko yang lebih tinggi karena pembangunan permukiman yang intensif. Saat ini, tidak hanya pusat kota, tetapi juga daerah perbukitan digunakan sebagai target pembangunan permukiman, meningkatkan risiko bencana alam.

Pemerintah Kota Bandung sendiri telah melakukan berbagai langkah pencegahan, antara lain pendirian stasiun siaga bencana, peningkatan kesiapsiagaan petugas pemadam kebakaran dan dimulainya pengetatan izin mendirikan bangunan permukiman. Dalam  berita Jawa Barat,  khususnya untuk wilayah perkotaan Bandung, dikatakan bahwa pembangunan jalur evakuasi masih rendah.

Saat ini, paling mendesak untuk membangun rute evakuasi di berbagai gedung atau gedung bertingkat tinggi untuk menyelamatkan korban jika terjadi peristiwa yang menarik dan menegangkan. Masyarakat perkotaan Bandung tidak bisa mengandalkan tim pencarian dan penyelamatan saja, sehingga harus meningkatkan mitigasi bencana dan kebakaran alam.

Risiko bencana di Kota Mahi Barat

Sejak 2010, kota Cimahi telah terhindar dari risiko gempa bumi. Karena terletak di Jawa Barat, kota ini bersinggungan dengan Lembang Selatan. Gempa bumi bisa terjadi kapan saja karena sesarnya terlalu dekat.

Dalam West Java News, dilaporkan bahwa Ngatiyana, penjabat wali kota Cimahi, mengatakan kemungkinan gempa terlalu tinggi untuk diprediksi. Masyarakat disarankan untuk tetap waspada dan siaga menghindari luka gempa.

Kemungkinan bencana di wilayah utara dan selatan Cimahi begitu tinggi sehingga tidak bisa dihindari. Namun, masyarakat dapat membantu mengurangi dampak bencana dengan mendidik dan mengembangkan pekerja kesiapsiagaan berbasis masyarakat tentang tanggap gempa bumi.

Sejak 2010 hingga 2021, tercatat 14 kali gempa bumi dengan magnitudo 1,5 hingga 3,4 mengguncang wilayah Jawa Barat, khususnya Makhitong Bandung Barat. Selama ini, baik insiden yang sering terjadi maupun tingkat kekuatan departemen telah menurun atau bahkan cenderung meningkat.

Tidak hanya terjadi banjir yang disebabkan oleh sesar aktif sesar Lunbang, tetapi juga kemungkinan mengalami banjir, longsor, angin puting beliung dan kebakaran. Pada 2017-2019, setidaknya 67 banjir, 39 tanah longsor dan 19 tornado merenggut nyawa.

Selain itu, kebakaran terjadi setidaknya 105 kali, menyebabkan kerusakan material. Alhasil, Cimashi dinilai masih memiliki potensi bencana yang sangat tinggi dan menjadi salah satu kota terbesar di Tanah Air untuk penanggulangan bencana.

 

Letak geografis dan topografi Jawa Barat membuat risiko bencana di wilayah tersebut sangat tinggi. Setidaknya 14 kabupaten berada pada risiko tertinggi. Garut, Bogor, Bandung dan Simashi adalah kota dengan potensi terbesar. Selalu update   Berita Jawa Barat untuk menghindari bahaya.